5 Laptop Bekas Terbaik Untuk Anak Sekolah

By | Mei 23, 2022

Membeli laptop bekas terbaik untuk anak sekolah itu gampang-gampang susah. Keseimbangan terbaik antara harga dan kebutuhan spesifikasi laptop untuk anak sekolah rada sulit dipertemukan. Spesifikasi cukup harga masih tinggi, kalau harganya terasa pas, tapi fitur-fitur laptopnya tidak bisa mengimbangi kebutuhan komputasi pelajar sekarang.

Terlebih di saat sekarang ini, dimana harga laptop baru sedang tinggi, sangat berbeda dibandingkan dengan sebelum Covid-19 menyerang. Untuk laptop yang spesifikasinya mirip-mirip, harganya sekarang naik sekitar 1 sampai 2 jutaan.

Karena harga laptop baru cenderung kemahalan, maka pilihan untuk membeli laptop bekas menjadi lebih masuk akal.

Selain harga yang lebih hemat, juga ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan laptop yang spesifikasinya lebih baik dibandingkan laptop baru di harga yang sama.

Spesifikasi minimal laptop untuk anak sekolah

Jika tanpa mempertimbangkan harga, maka kita tidak perlu merangkum spesifikasi minimal laptop untuk anak sekolah. Tapi ya karena buat sebagian dari kita laptop itu masih menjadi barang tersier lapis entah ke berapa, maka setidaknya kita musti melihat kebutuhan atau kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan anak sekolah secara umum.

Untuk kegiatan pembelajaran saat ini, pada umumnya, siswa sekolah SD, SMP, dan SMA menggunakan laptop untuk:

  • pertemuan dengan guru dan teman sekelas secara online via Zoom atau Google Meet
  • mengerjakan ulangan atau latihan soal melalui Google Docs, Googe Form, atau Microsoft Word
  • mencari materi belajar melalui browser
  • nonton youtube

Tentu saja cukup banyak yang menggunakan laptop mereka untuk bermain game, hehe….

Dengan kegiatan seperti itu, maka setidaknya, yang harus dipertimbangkan adalah sebuah laptop yang baterainya cukup awet, bisa untuk membuka beberapa aplikasi bersamaan dengan cukup lancar, ada webcam yang lumayan bagus, tampilannya keren, kokoh dan relatif aman dari benturan.

Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita sepakati dulu, jika yang dimaksud dengan pelajar di sini adalah siswa sekolah umum ya…, bukan siswa sekolah khusus dengan jurusan tertentu, semisal DKV, Multimedia, Desain Grafis, atau yang sejenisnya. Mereka ini – meskipun statusnya masih pelajar – membutuhkan laptop yang spesifikasinya lebih baik dari laptop kebanyakan. Beda.

Ok, setidaknya laptop bekas untuk anak sekolah itu minimal harus:

  • punya RAM minimal 4GB
  • sudah memakai SSD (kalau bisa)
  • baterai awet
  • murah

Mengapa RAM-nya minimal 4GB?

Rata-rata laptop yang beredar – baik baru maupun bekas – menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya. Windows 10 memang bisa berjalan pada laptop dengan RAM 2GB, tapi itu sungguh amat sangat menyiksa saking lambatnya. Sebenarnya RAM 4GB ini juga terhitung pas-pasan. Biasanya laptop Windows 10 akan terasa lambat atau bahkan hang ketika digunakan untuk membuka beberapa aplikasi bersamaan.

Mengapa sebaiknya beli laptop dengan SSD?

SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan hard disk. Ini akan sangat membantu kinerja laptop bekas yang Anda pilih. Proses baca tulis yang cepat pada SSD ini membuat proses booting – menyalakan laptop dari saat menekan tombol power sampai laptop siap diajak bekerja, proses membuka aplikasi, proses menyimpan dan memindahkan file, akan berjalan jauh lebih cepat.

Baterainya masih awet?

Ini yang sangat sulit kita dapatkan dari sebuah laptop bekas. Seiring pemakaian, baterai laptop – dan juga baterai untuk perangkat apapun – secara gradual akan berkurang kemampuan penyimpanan daya-nya. Ini pasti. Terlepas dari bagaimana pengguna sebelumnya memperlakukan si laptop bekas yang Anda incar.

Sementara itu, harga baterai laptop masih cukup mahal. Lalu bagaimana? Ya…, setidaknya usahakan untuk membeli laptop bekas yang usianya paling lama dua tahun. Jika sebelumnya laptop digunakan dengan baik, biasanya baterai laptop akan mulai bermasalah setelah 3 tahun. Jadi, paling tidak Anda masih punya waktu satu tahun sebelum perlu mengganti baterai laptop bekas yang Anda beli itu.

Berapa harga yang pantas untuk laptop bekas?

Dengan kebutuhan seperti diatas, maka harga laptop bekas yang kurang-lebih masih layak pakai akan berkisar antara 2 sampai 4 jutaan.

Harga laptop bekas sendiri bisa sangat bervariasi meskipun merk dan tipenya sama. Kondisi fisik, fungsi, dan kelengkapan yang disertakan sangat berpengaruh pada harganya.

Sebenarnya sekarang ini juga ada laptop baru harga 4 jutaan. Seperti misalnya Axioo MyBook 14F seharga Rp. 4.449.000,- (Intel Celeron N4020, RAM 6GB, SSD 256GB, layar 13.3 2.5K 2560×1600 piksel, Win 10 Pro) atau Axioo My Book 11G yang layarnya 11.6 inci seharga Rp. 3.749.000,- saja (Intel Celeron N4020, RAM 4GB, SSD 128, layar IPS FHD, Windows 10).

Kalau untuk kebutuhan anak sekolah sih, itu sudah cukup.

Sebaliknya, jika Anda alergi banget dengan Celeron N4020 yang yaaa…., begitulah…, lemot, beberapa rekomendasi laptop bekas berikut ini masih bisa Anda pertimbangkan.

Rekomendasi 5 laptop bekas terbaik untuk anak sekolah 2 sampai 4 jutaan

Lenovo ThinkPad T440

Lenovo Thinkpad T440

Anda tidak akan salah dengan ThinkPad. Salah satu laptop dengan keyboard paling nyaman di dunia. Bahkan untuk yang kondisinya sudah bekas pun, rata-rata keyboardnya masih dalam kondisi bagus. Tentu ini hal bagus untuk mereka yang memerlukan laptop lebih untuk urusan mengetik dan mengedit dokumen teks seperti membuat laporan, skripsi, atau sekedar mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Saat ini, harga laptop Lenovo ThinkPad T440 ada di kisaran 3,4 sampai 4,3 jutaan saja. Tergantung dari kondisi dan kelengkapannya. T440 ini dirilis dengan beberapa varian. Jadi pastikan saja Anda dapat varian yang mana.

Anda bisa cek harga terbaru laptop Lenovo ThinkPad T440 di bukalapak.com

Berikut ini spesifikasi Lenovo ThinkPad T440:

  • Intel Core i5-4200M /4300M
  • RAM 4 GB PC3-12800 1600MHz DDR3L, bisa di upgrade sampai 16GB
  • HDD 500 GB
  • Layar 14 inch HD
  • Intel HD Graphics
  • WIFI, USB, Lan Card dan VGA
  • Keyboard tahan tumpahan air
  • Microphone array ganda
  • Webcam aktif 720p
  • sudah ter install Windows 10 pro
  • Port USB 3,0, LAN, VGA, HDMI
  • Card Reader

Lenovo ThinkPad X260

Lenovo ThinkPad X260

Pilihan laptop murah terbaik untuk anak sekolah yang berikutnya masih dari jajaran Lenovo ThinkPad, tepatnya seri X260. Di rentang harga 3,4 sampai 4, 6 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan laptop yang kinerjanya setara atau bahkan melebihi rata-rata laptop baru di harga 5-6 jutaan yang sekarang ada di pasaran.

Pada harga segitu, Anda mendapatkan Intel Core i5-6300U, RAM 8GB DDR3, dan SSD 256GB. Ini spesifikasi yang jauh lebih baik daripada spesifikasi rata-rata laptop baru jaman sekarang yang masih pakai Intel Celeron atau paling banter Intel Pentium Gold atau Silver.

Dan tentu saja, dia membawa hal-hal baik seri ThinkPad yang pas banget untuk pelajar: keyboard super nyaman, webcam 720p dengan privacy shutter. ngeZoom atau ngeMeet dengan laptop ini wajah Anda terlihat jernih dengan audio yang jernih.

Ini laptop lawas, tapi pengalaman meeting online yang diberikannya jauh melebihi rata-rata laptop 5-6 jutaan yang ada di pasaran saat ini.

Anda bisa membeli laptop Lenovo ThinkPad X260 ini di bukalapak.com

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X260

  • processor Intel Core i5-6300u 2,4 Ghz
  • RAM 8GB DDR4
  • HDD atau SSD dapat pilih di varian
  • WiFi
  • Webcam 720p dengan shutter privacy
  • VGA Intel HD 520
  • Port HDMI, USB 3.0, LAN RJ45
  • Layar LED 12.5 inch widescreen
  • Card reader
  • Windows 10 pro 64bit siap pakai

Asus X455LA

Asus X455LA (Core i3-5005 NVIDIA 920M)

Jika Anda mencari laptop bekas 4 jutaan dengan GPU diskrit sehingga masih bisa digunakan untuk edit video tipis-tipis, laptop Asus X455L ini bisa menjadi pilihan.

Harga Asus X455L bekas di marketplace berada di kisaran 3,8 sampai 4,3 jutaan. Di harga segini, Anda mendapatkan laptop dengan spesifikasi Intel Core i3-5005U, RAM 4GB – yang masih bisa di upgrade, memang masih pakai hard disk 500GB sih, dan ada GPU diskrit berpa NVIDIA 920M yang cukup populer di jamannya.

Untuk jaman sekarang memang sudah terasa kurang. Tapi tetap saja, urusan grafisnya jauh lebih baik dibanding laptop baru di harga 6 jutaan yang kebanyakan hanya mengandalkan IGP bawaan Intel yang sangat terbatas.

Jika Anda ingin membelikan laptop untuk anak sekolah di jurusan desain grafis atau multimedia, ini adalah pilihan yang bagus. Saat ini harga laptop desain grafis dan editing video baru dengan spesifikasi sedang masih berada di kisaran 8 – 10 jutaan. Ada sih yang 6 jutaan seperti Infinix InBook X1, bagus – tapi terasa nanggung.

Satu hal yang terasa kurang di Asus X455L untuk digunakan untuk sekolah daring adalah webcam-nya yang masih VGA. Untungnya ini masih bisa diatasi dengan alternatif lain. Bisa pakai webcam yang sekarang harganya sudah mulai stabil. Atau pakai HP sebagai webcam laptop dengan DroidCam gratisan. Masih bisa diatasi. Yang penting, laptopnya tidak lemot dan masih bisa diajak kerja agak berat.

Anda bisa cek harga terbaru laptop Asus X455L Core i3 bekas di bukalapak.com

Spesifikasi Asus X455LA

  • Intel Core i3-5005U 2.1GHz
  • RAM 4GB DDR3 – bisa diupgrade sampai 12GB
  • HDD 500GB SATA – bisa diganti dengan SSD SATA
  • Dual VGA – Intel HD Graphics yang irit daya untuk penggunaan normal, dan NVIDIA 920M 2GB dedicated untuk aplikasi desain dan gaming tipis-tipis
  • Layar 14 inch HD
  • Desain kompak dan tipis
  • Windows 10
  • Webcam VGA

Asus A407MA

ASUS A407MA SSD 256GB RAM 4GB

Salah satu pilihan laptop murah 4 jutaan untuk mahasiswa dan pelajar yang spesifikasinya terhitung lumayan adalah Asus A407MA ini. Meski kalau Dee Tekno boleh pilih, masih mending Asus X455LA sebelumnya.

Kalau soal tampilan, ini lebih bagus, bobotnya juga lebih enteng. Ini laptop yang umurnya masih relatif baru. Jadi wajar kalau harga bekasnya masih relatif tinggi – yaitu 3,3 sampai 4,3 jutaan.

Laptop Asus A407MA datang dengan spesifikasi yang ‘sesuai’ dengan harganya – Intel Celeron N4000 itu cukup bagus untuk kegiatan siswa dan pelajar yang lebih banyak berurusan dengan teks, seperti membuat laporan, browsing internet, input data, dan streaming film. Celeron N4000 tidak akan kesulitan dengan itu.

Tetapi, karena GPU-nya hanya mengandalkan pengolah grafis bawaan processornya yang berupa Intel UHD Graphics 600 jadi ya kinerja grafisnya tergolong pas-pasan saja. Ini aman, karena anak Anda tidak akan bisa bermain game yang berat-berat di laptop ini.

Untungnya, dia sudah memakai RAM 4GB yang terhitung cukup untuk kebutuhan sekarang. SSD yang lebih cepat juga sangat membantu supaya pengguna tidak terlalu lama menunggu proses booting, buka-tutup aplikasi, dan memindahkan data. Kapasitasnya memang hanya 256GB, tapi ini sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file-file pekerjaan dan tugas-tugas sekolah atau kuliah.

Untuk laptop harga 3-4 jutaan, Asus A407MA ini masih sangat layak. Jangan lupa untuk melihat testimoni dan juga rating dari toko, jika Anda hendak membelinya secara online. Dan jangan pernah transfer langsung ke rekening penjual. Gunakan rekening akun penjual di marketplace, akan lebih aman.

Anda bisa cek harga laptop Asus A407MA bekas di bukalapak.com.

Spesifikasi Asus A407MA

  • Prosessor Intel Celeron n4000, up to 2.6GHz
  • RAM 4 GB DDR3
  • SSD 256 SATA
  • Layar 14 inch HD
  • Body bezzel tipis
  • OS Windows 10
  • Garansi toko 1 Bulan (Setelah terima barang)
  • Webcam VGA
  • Baterai awet

Toshiba Portege R30 Core i5

Toshiba Portege R30 Core i5 Ram 4gb HDD 500 GB

Meskipun laptop Toshiba Portege R30 ini sudah lumayan berumur, ternyata harganya masih relatif tinggi – dibandingkan dengan laptop dari generasi yang sama tentu saja. Berbekal Intel Core i5-4210M, RAM 4GB DDR3L, dan hard disk 320 GB, kinerjanya masih sangat layak dipertimbangkan.

Asal tahu saja, seri Portege adalah varian laptop premium dari Toshiba, sehingga kelebihannya bukan hanya terletak pada spesifikasi processor, RAM, storage, dan GPU saja. Portege juga ditempatkan sebagai laptop untuk pebisnis, sehingga cukup banyak fiturnya yang dirancang untuk pekerjaan kantoran.

Dan itulah yang membuatnya sangat cocok digunakan sebagai laptop untuk pelajar dan mahasiswa.

Layarnya 13,3 inci dengan resolusi HD. Permukaannya diberi coating anti -glare, sehingga tidak silau atau memantulkan cahaya. Ini membuat layarnya tetap nyaman dilihat dalam waktu lama. Keyboardnya juga nyaman pakai banget untuk digunakan mengetik dalam waktu lama.

Webcamnya juga sudah HD – yang mana sampai sekarang, rata-rata laptop harga 5-6 jutaan webcamnya cuman VGA.

Meskipun ini laptop beratnya hanya 1,4kg, tapi port yang dibawanya sangat lengkap. USB 3.0 dua buah, HDMI, VGA, RJ-45, card reader, dan tentu saja colokan audio 3,5mm, dan juga DVD-RW. Pada jamannya, ini laptop kelas atas.

Untuk kelas harganya, laptop Toshiba Portege R30 bekas ini masih bisa bersaing. Fitur dan spesifikasinya masih bisa menunjang kebutuhan pelajar dan mahasiswa dengan baik. Ukuran layarnya yang hanya 13,3 inci, membuatnya terlihat kompak dan stylish.

Anda bisa beli atau cek harga terbaru laptop Toshiba Portege R30 Core i5 di bukalapak.com.

Spesifikasi Toshiba Portege R30-A

  • Intel Core i5-4210M ( 2.6 GHz ) Haswell
  • RAM 4GB DDR3L
  • Harddisk 320 GB
  • VGA INTEL HD 4600
  • Webcam HD
  • HDMI
  • DVD-RW
  • USB 3.0
  • Layar LED 13.3 inch

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.