5 Laptop Asus Terbaru dan Harganya 2022 Buruan Cek! Keburu Ghoib!!!

By | Februari 9, 2022

Bulan ini, ada beberapa seri laptop Asus terbaru yang dirilis. Beberapa varian laptop terbaru mereka membawa inovasi anyar yang memang ditunggu-tunggu. Sebagian lagi adalah peningkatan dari seri laptop Asus yang sudah dirilis sebelumnya.

Saat ini Asus mulai membawa teknologi yang sebelumnya hanya ada pada seri laptop kelas atas mereka ke varian seri laptop kelas menengah mereka. Seperti misalnya laptop 8 jutaan dengan panel layar OLED pada Asus K513EA OLED321 yang dijual dengan harga 8,9 jutaan saja.

Beberapa seri laptop Asus terbaru yang sebenarnya tidak benar-benar baru, tetapi adalah varian baru dengan peningkatan di beberapa sisi, seperti processor yang digunakan, tipe dan resolusi layar, penambahan fitur, dan perubahan minor pada sisi desainnya.

Meskipun tidak benar-benar baru, peningkatan seperti ini tetap saja menarik. Dan tentu saja, ini menyenangkan buat kita sebagai konsumen, jadi lebih banyak pilihan begitu – atau malah tambah bingung. Hehe…

Supaya tidak jadi tambah pusing dan bingung, berikut ini Dee Tekno ulas 5 laptop Asus paling baru lengkap dengan harga jualnya. Untuk kali ini, kita batasi pada seri Asus terbaru yang harganya berada di rentang harga antara 5 sampai 10 jutaan saja ya…

5 Laptop Asus Terbaru Harga 5 – 10 juta Paling Bagus

ASUS E410KAO

Anda bisa membeli laptop ASUS E410KAO-HD421 ini di:

Sampai saat ini, salah satu seri laptop Asus yang laris manis terjual sampai ribuan unit adalah seri E410MA. Meskipun kinerjanya biasa saja, tetapi desain bagus, baterai awet, dan fitur numpad yang menyatu pada touchpad-nya itu berhasil memberikan nilai lebih pada laptop murah yang satu ini.

hNah, melanjutkan kelarisannya, baru-baru ini Asus merilis versi pembaharuannya. Versi baru ini membawa nama Asus E410KAO.

Sementara ini ada dua versi yang beredar. Versi KAO ini ada yang membawa processor N4500, ada juga yang memakai Celeron N6000. Dengan perbedaan harga 1 jutaan, versi N6000 membawa layar berpanel IPS yang jelas lebih kinclong dengan viewing angle lebih luas beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sementara E410KAO dengan N4500 cukup dengan layar TN dengan resolusi HD 1366 x 768 piksel standar saja.

Semua yang bagus pada seri E410MA dibawanya – termasuk numpad di touchpad-nya itu. Jika sebelumnya cuman ada Celeron N4020, sekarang ditingkatkan menjadi Intel Celeron N4500. Peningkatannya tidak terlalu signifikan sih…, tapi lumayan bagi Anda yang sedikit sebal dengan N4020. N4500 ini juga dipakai pada Asus BR1100CKA/FKA, laptop murah rugged untuk anak sekolah yang juga laris manis itu.

Kalau mau yang sedikit lebih powerfull dan layarnya lebih nyaman di mata, jangan ragu ambil yang versi N6000. Layar IPS resolusi Full HD itu jauh-jauh-jauh lebih menyenangkan. Meskipun ukuran layarnya sama-sama 14 inci, tapi jenis dan resolusi layar itu bisa beneran memberi pengalaman yang berbeda. Lebih mahal 1 jutaan itu masih sangat layak untuk saat ini.

Intel Pentium Silver N6000 membawa kinerja yang lumayan jauh meninggalkan N4500, karena dia quad-core dengan 4 thread. Frekuensi kerja terendahnya sama – 1.1GHz, tapi bisa naik sampai 3.3GHz. Ini peningkatan yang sangat layak dipertimbangkan.

Satu-satunya yang tidak saya suka dari Asus seri E410 adalah layout keyboard-nya yang awkward banget. Itu kenapa tombol panah tidak digeser sekalian ke kanan saja!!! hehe…. Selain itu sih cukup nyaman.

Laptop Asus E410KAO ini juga langsung mendapatkan Windows 11 dan Office 2019 OHS gratis.

ASUS M415DAO-VIPS152

Anda bisa membeli Asus M415DAO VIPS152 ini di:

Khusus buat Anda yang memilih processor AMD, laptop Asus terbaru M415DAO ini bisa banget dijadikan pilihan. AMD Athlon Gold 3150U menawarkan performa yang cukup baik. Kinerjanya kurang lebih berada diantara Intel Pentium 5030U dan Intel Pentium 5405U.

Anda masih bisa mengajaknya menjalankan Photoshop, Illustrator, ataupun Premiere di sini dengan cukup lancar. Hanya memang kalau sudah sampai tahap rendering ya butuh agak sabar. Dan kalau memang mau render video, batasi di FullHD saja, jangan coba-coba di resolusi 4K. Berat…!

Asus M415DAO VIPS152 hadir dengan desain yang khas Asus banget. Bezel di kiri, atas, dan kanan layarnya cukup tipis. Build quality-nya juga terasa meyakinkan. Keyboard lumayan nyaman digunakan, dan jumlah port yang tersedia juga terbilang lengkap.

Ada sebuah port USB 3.2 Gen 1 Type-A, lalu sebuah port USB 3.2 Gen 1 Type-C, dua buah port USB Type-A, jack combo audio.

Anda juga masih bisa upgrade RAM dan SSD. Ini lumayan banget. Setidaknya masih punya opsi untuk menambah waktu penggunaannya ketika diperlukan dengan menambah RAM dan upgrade SSD-nya.

SSD dan RAM bawaan sebenarnya sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. RAM bawaannya 4GB DDR4. Dan SSD-nya 512GB M.2 NVMe PCIe 3.0 yang punya kecepatan baca-tulis cukup tinggi. Ada juga slot STD 2.5″ SATA yang bisa digunakan untuk menambahkan hard disk atau SSD – tapi yang tipe SATA. Opsi upgrade seperti ini akan sangat Anda butuhkan untuk penggunaan laptop yang lebih lama – 2 sampai 3 tahun ke depan.

Di harga 6 jutaan ini, Asus M415DAO VIPS152 membawa layar 14 inci dengan resolusi FullHD 1920 x 1080 piksel berjenis panel IPS level di 60Hz. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan lapisan anti-glare sehingga akan nyaman banget digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk penggunaan sehari-hari, laptop Asus terbaru M415DAO VIPS152 ini sudah lebih dari cukup. Dan seperti pada seri yang lain, ada aplikasi My Asus yang sangat membantu pengguna mendapatkan pengaturan terbaik untuk baterai, warna layar, dan juga audio-nya.

ASUS A516JAO-VIPS355+

Anda bisa membeli Asus A516JAO VIPS355+ di:

Baru di harga 8 juta kurang seribu kita bisa mendapatkan laptop Asus Core i3 terbaru. Laptop Asus A516JAO VIPS355+ ini membawa Intel Core i3-1005G1 – yang berasal dari jajaran processor Intel generasi ke 10 – sudah lumayan berumur. Tapi kinerjanya masih sangat bisa diandalkan, baik untuk komputasi harian yang lebih banyak menggunakan browser dan juga aplikasi Office maupun kegiatan desain grafis dan video editing ringan. Processor ini juga digunakan pada Infinix InBook X1 varian i3 (X2 juga sih).

Sesuai dengan namanya, laptop Asus terbaru yang satu ini memiliki layar dengan bentang 15,6 inci dan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Jenis panel layarnya IPS level dengan kualitas yang bagus. Sayangnya color gamutnya masih standar 45% NTSC sehingga jika ingin mendapatkan akurasi warna yang bagus, opsi menambah monitor kedua yang punya color gamut 100% sRGB menjadi semacam keharusan.

Untungnya, layarnya ini sudah dilapisi dengan lapisan anti-glare sehingga masih sangat nyaman digunakan untuk keperluan harian seperti browsing dan mengedit dokumen. Layarnya yang 15,6 inci itu memberi ruang yang leluasa dan menyenangkan untuk streaming film. Pun juga ketika Anda perlu membuka beberapa jendela aplikasi berbarengan, lega banget.

Yang agak istimewa ada pada storage-nya yag berupa SSD 512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™. Ini fitur yang cukup jarang ada, terutama pada laptop kelas entry dibawah 10 jutaan. Kehadiran Intel Optane ini akan sangat membantu kinerja laptop Asus Core i3 ini dengan sangat siginifikan.

Sepertinya ini untuk mengkompensasi kapasitas modul RAM bawaannya yang 4GB itu.

Pada sisi kanan-kiri bodinya, Anda bisa mendapatkan sebuah jack 3.5mm Combo Audio, sebuah port HDMI 1.4, lalu satu buah USB 3.2 Gen 1 Type-A, satu USB 3.2 Gen 1 Type-C, dan dua buah port USB 2.0 Type-A untuk kompabilitas yang lebih baik.

Untuk sebuah laptop 15,6 inci bobotnya terhitung masih ringan, yaitu 1.8 kg. Masih cukup enteng untuk dibawa ke kantor, sekolah, atau kampus dengan nyaman tanpa terlalu membuat punggung pegal.

Pada paket pembeliannya, laptop Asus A516JAO VIPS355+ ini juga sudah dibekali dengan gratis OS Windows 10 Home x64, Microsoft Office 2019 Home and Student 2019 dan juga anti virus dari McAfee.

ASUS K513EA-OLED329

Anda bisa membeli laptop Asus K513EA OLED329 ini di:

Update rilis laptop Asus terbaru harga dibawah10 yang berikutnya sangat menarik. Ini adalah salah satu dari yang pertama laptop layar OLED harga 8 jutaan saja. Kalau dilihat dari layarnya saja, maka laptop Asus K513EA OLED329 ini bisa menjadi pilihan laptop untuk content creator terbaik tahun ini.

Layarnya istimewa. Panel OLED yang punya kecerahan maksimal 400 nits berbentang 15,6 inci yang lega. Resolusinya Full HD 1920 x 1080 piksel. Asus memilih permukaan glossy untuk layarnya ini. Mungkin untuk semakin memunculkan karakter warna layar OLED yang terkenal dengan warna yang tajam, pekat, dan dalam. Color gamutnya juga tidak kaleng-kaleng, 100% DCI-P3 yang artinya lebih luas dari 100% sRGB. Pas banget buat Anda yang membutuhkan akurasi warna tinggi.

Tapi layar hanyalah salah satu variabel untuk memilih laptop yang bagus untuk content creator. Ada beberapa hal lain yang harus dipenuhi. Setidaknya supaya kita mendapatkan laptop yang tidak cuman nyaman di mata, tapi juga cepat, dan nyaman di dompet. Setara dengan yang kita bayarkan-lah.

Bagaimana dengan Asus K513EA OLED329 ini?

Kinerjanya disokong oleh Intel Core i3-1115G4 yang berasal dari jajaran processor Intel generasi 11. Masih cukup baru sehingga masih layak untuk digunakan sampai setidaknya dua tahun ke depan-lah. Core i3-1115G4 sendiri adalah processor dual-core yang bekerja dengan frekuensi 3 GHz sampai 4.1 GHz dan cache 6MB.

Masih sangat sanggup untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan untuk content creation – seperti Photoshop, Illustrator, Premiere Pro, ataupun After Effect. Render video FHD masih cukup lancar dan relatif cepat. Kalau video 4K memang sudah agak berat. Tapi ini juga dipengaruhi oleh komponen yang lain.

RAM bawaannya cuman 4GB DDR4 on-board. Untungnya masih ada satu slot SO-DIMM kosong untuk upgrade RAM sendiri. Storage yang dibawakan juga masih nanggung, SSD 256GB saja. Untung tipenya NVMe PCIe 3.0 sehingga kecepatan baca-tulisnya lumayan tinggi. Ada housing kosong untuk Anda menambahkan hard disk atau SSD SATA nantinya. Lumayan banget ini.

Asus K513EA OLED329 ini hadir tanpa GPU diskrit. Jadi untuk olah grafisnya, mengandalkan Intel UHD Graphics bawaan Core i3-1115G4 saja. Jangan skeptis dulu. Yang dibawa adalah Intel UHD Graphics Xe G4 dengan 48 EUs. Frekuensi kerjanya antara 400 sampai 1250 MHz yang secara bersamaan menggunakan L3 cache 6MB-nya CPU. Ini IGP yang bagus. Sanggup banget untuk keperluan content creation ringan sampai sedang.

Berkat bodinya yang lega, Asus bisa menempatkan banyak colokan untuk memudahkan pengguna menghubungkannya dengan banyak perangkat. Ada port  HDMI 1.4, Headphone out, USB 3.2 Gen 1 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2 buah USB 2.0 Type-A, dan juga Micro SD card reader.

Webcam 720p 30fps yang dipasang di sisi atas layarnya juga berkualitas cukup bagus. Ada fingerprint scanner juga yang ditempatkan di pojok kanan atas touchpad-nya. Sementara keyboardnya bertipe chiclet yang cukup nyaman digunakan. Di samping kanan, ada dedicated numkey. Ini enak banget buat Anda yang pingin membuat atau mengedit laporan dengan Excel atau Google Sheet.

Untuk menemani Anda bekerja, Asus menyertakan speaker stereo dengan sertifikasi Harman Kardon sehingga kualitasnya bisa dijamin bagus.

ASUS A416JPO-VIPS352+

Anda bisa membeli laptop Asus A416JPO VIPS352 ini di:

Dijual pada harga yang sama dengan Asus K513EA yang punya layar OLED mewah, kira-kira apa yang ditawarkan Asus A416JPO VIPS352 ini? Processornya malah masih berasal dari Intel generasi 10 berupa Intel Core i5-1035G1. Layarnya IPS level, bukan IPS sebenarnya. Diagonalnya juga 14 inci saja. Kecerahan puncaknya juga kalah, tertinggi di 250 nits vs 400 nits di K513EA.

Apalagi color gamutnya jelas telak kalahnya. 45% NTSC saja. Lalu apa lebihnya? Untungnya sudah punya resolusi Full HD dan ada lapisan anti-glare-nya.

Apakah Asus menempatkan A416JPO ini hanya sebagai decoy?

Sepertinya tidak juga.

Intel Core i5-1035G1 memang dari generasi ke 10, jelas lebih tua dari i3-1115G4. Tetapi ini processor quad-core yang kalau dibandingkan, tenaganya malah diatas i3-1115G4.

IGP yang dibawa memang hanya Intel UHD Graphics G1, kalah juga dari Intel UHD Graphics Xe G4. Tapi jangan salah, Asus A416JPO VIPS352 dibekali dengan GPU diskrit berupa NVIDIA® GeForce® MX330 2GB GDDR5. Ini membuatnya lebih leluasa untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis grafis yang lebih berat – tentu saja termasuk lebih sanggup kalau diajak bermain game.

RAM bawaannya 8GB DDR4 yang sudah cukup aman diajak multitasking. Storagenya lebih besar berupa SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 512GB yang gegas.

Kalau spesifikasi lainnya sih kurang lebih setara saja. Seperti webcam VGA, keyboard dengan backlit, WiFi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1 dual band, port HDMI, jack combo audio, 3 buah USB Type-A, dan sebuah USB Type-C 3.2 Gen 1.

Jadi? Kembali pada kebutuhan Anda. Kalau ingin kemewahan layar OLED, Asus K513EA jelas sangat menarik. Sementara kalau butuh kinerja grafis yang lebih baik, pilih Asus A416JPO VIPS352. Toh dua-duanya sudah pasti membawa Windows 10 dan Office 2019 Home and Student gratis. Bagaimana?