5 Pilihan Laptop Desain Grafis Dibawah 10 Juta Paling Worth It

By | September 27, 2022

Spesifikasi laptop untuk desain grafis agak berbeda dengan laptop mainstream kebanyakan. Untuk laptop desain grafis dibawah 10 juta, rata-rata spesifikasi yang dibawa sudah cukup bagus. Paling tidak bisa digunakan untuk mengedit dan render video Full HD dengan lancar.

Aplikasi yang digunakan untuk desain grafis – atau content creation pada umumnya, memang tergolong sebagai aplikasi yang berat. Kinerja laptop akan digunakan sampai maksimal supaya proses editingnya lancar.

Meskipun pada dasarnya laptop ‘biasa’ juga bisa untuk menjalankan aplikasi desain grafis, tetapi jelas laptop yang memenuhi minimum specification requirements aplikasi desain grafis, akan meningkatkan produktivitas Anda dalam berkarya.

Pilihan laptop untuk desain grafis di pasaran saat ini sebenarnya ada cukup banyak. Semua merk memiliki lini laptop yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputasi para content creator dibidang desain grafis.

baca juga: Daftar Laptop Ryzen 5 5600H Terbaik Fitur Berlimpah

Kriteria laptop yang bagus untuk desain grafis

Sebelum sampai di rekomendasi laptop desain grafis dibawah 10 juta, ada baiknya kalau kita lihat dulu kriteria minimal laptop yang bagus untuk desain grafis.

  • Layar 14 inci ke atas dengan resolusi minimal Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Layar IPS, sRGB 100% itu bonus
  • Processor Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3
    dari dua generasi terakhir
  • Memiliki GPU yang tangguh, lebih baik kalau ada GPU diskrit
  • RAM minimal 4GB dual channel dengan opsi upgrade
  • SSD minimal 256GB
  • Layar sentuh dengan dukungan pen stylush akan jadi bonus

Sepintas, kriteria di atas terlihat biasa saja. Mendekati spesifikasi laptop gaming kelas entry. Perbedaan paling jelas antara laptop gaming dengan laptop untuk desain grafis terletak pada spesifikasi layarnya.

Laptop gaming lebih mementingkan layar dengan refresh rate yang tinggi dibandingkan dengan akurasi warna. Sementara laptop untuk desain grafis lebih memerlukan akurasi warna terbaik daripada refresh rate.

Dalam desain grafis, kita membutuhkan monitor komputer yang mampu menampilkan reproduksi warna yang akurat.

Akurasi warna sangat penting, terutama bagi kalangan desainer yang bekerja dalam industri percetakan, atau fotografer yang sering kali membutuhkan aplikasi foto dan video editing.

Desain grafis tidak mendapatkan tambahan kenyamanan yang seimbang dibandingkan dengan tambahan harga yang pasti lebih tinggi untuk layar dengan refresh rate tinggi. Kecuali Anda akan lebih banyak menggunakan laptop Anda untuk main game kompetitif.

Itu sebabnya, refresh rate layar yang tinggi tidak masuk dalam kriteria laptop untuk desain grafis di atas.

Dengan kriteria seperti diatas, maka pilihan laptop desain grafis yang bagus menjadi sedikit lebih sempit, terlebih ketika kita tambahkan variabel harga dibawah 10 juta. Terlebih untuk saat ini, dimana harga laptop cenderung naik sampai di level kurang masuk akal – setidaknya sampai masalah ketersediaan suku cadang teratasi.

baca juga: 5 Merk Laptop Gaming Terbaik Buat Kamu Yang Ngakunya Gamer!

5 Pilihan Laptop Desain Grafis Dibawah 10 Juta

1. Lenovo IdeaPad Slim 3 Core i3-10110U

Lenovo IdeaPad Slim 3i Core i3 10110U

Harga Lenovo IdeaPad Slim 3 Core i3-10110U Rp8,399,000

Anda bisa membeli laptop Lenovo IdeaPad Slim 3 Core i3-10110U ini di:

Lenovo IdeaPad Slim 3 punya banyak varian SKU. Salah satunya adalah yang memakai Intel Core i3-10110U ini. RAM 8GB dual channel dan SSD NVME M.2 berkapasitas 512GB membuatnya memiliki kinerja yang bersaing di kelasnya.

Body-nya yang ramping dengan layar panel IPS 14 inci resolusi FullHD membuatnya nyaman dipakai edit konten grafis, hiburan, atau bermain game. Laptop Lenovo Core i3 yang satu ini bisa diajak bermain banyak judul game AAA dengan setting grafis low sampai medium dengan lancar. Dan sanggup juga untuk menjalankan aplikasi desain grafis terkini dengan lancar. Pas banget bagi Anda yang ingin menjadi content creator grafis ataupun youtuber.

Bagi Jika Anda mahasiswa atau pelajar jurusan DKV yang masih harus mobile dari rumah ke sekolah / kampus, Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga enak, karena bobotnya cuman 1,4 kg, tidak bakal bikin pegal punggung.

WebCam 720p 30 fps yang punya privacy shutter khas Lenovo juga pastinya berguna banget jika Anda masih bekerja atau sekolah daring. Mana sudah dapat gratis Microsoft Windows 10 Home x64 dan juga Microsoft Office Home and Student 2019 dalam paket penjualannya pula.

baca juga: 5 Laptop 3 Jutaan Terbaik Untuk Pelajar dan Mahasiswa 2022

2. Asus Vivobook K413EA-AM351TS

Harga Asus Vivobook K413EA-AM351TS Rp8,899,000

Harga Asus Vivobook K413EA-AM351TS Rp8,899,000

Anda bisa membeli laptop Asus VivoBook K413EA-AM351TS ini di:

Asus Vivobook K413EA-AM351TS memiliki spesifikasi yang mencukupi untuk menjadi laptop desain grafis. Ditenagai dengan processor Intel Core i3-1115G4 yang cukup tangguh dengan kecepatan sampai 4.1 GHz, layar 14 inchi Full HD 1920 x 1080 piksel yang punya color gamut 100% sRGB lengkap dengan lapisan anti silau yang sangat membantu mengurangi kelelahan mata ketika bekerja berlama-lama mengamati detail desain yang Anda buat.

Kapasitas RAM terpasang juga sudah 8GB DDR4. Sementara untuk storage-nya, ada SSD 512GB yang cepat dan lega menampung file-file pekerjaan grafis Anda. Meskipun tidak dilengkapi dengan GPU diskrit, tetapi Intel® UHD Graphics bawaan Core i3-1115G4 sudah mencukupi kebutuhan aplikasi desain grafis dan main game tipis-tipis.

Dari sisi desain, laptop Asus Vivobook K413EA-AM351TS ini juga stylish, tipis, dan enteng – hanya 1,4 kg saja. Yang secara pribadi saya kurang sreg adalah layout keyboard-nya.

baca juga: 5 Laptop Asus Terbaru dan Harganya 2022 Buruan Cek! Keburu Ghoib!!!

3. Asus VivoBook K513EA-IPS352

Harga Asus Vivobook Ultra K513EA-IPS352

Harga Asus Vivobook Ultra K513EA-IPS352 Rp8.889.000

Anda bisa membeli laptop Asus Vivobook Ultra K513EA-IPS352 ini di:

Bagi Anda yang memilih laptop dengan layar lebih lega, Asus VivoBook varian K513EA ini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus. Kalau dilihat spesifikasinya, dia mirip-mirip saja dengan adiknya (K413EA), hanya layarnya yang lebih lega dengan bentang diagonal 15,6 inci. Masih dengan resolusi Full HD, IPS-level panel, lapisan anti silau, dan yang paling penting color gamut 100% sRGB. Karena saya sudah berumur – versi 15,6 inchi lebih masuk akal.

4. Infinix InBook X1 – XL11

Harga Infinix InBook X1 - XL11

Harga Infinix InBook X1 – XL11 Rp6.669.000

Anda bisa membeli laptop Infinix InBook X1 – XL11 ini di:

Sebagai pendatang baru, rupanya laptop Infinix InBook X1 – XL11 datang dengan spesifikasi yang cukup bersaing. Intel Core i3-1005G1 punya kinerja yang cukup bagus.

Meskipun hanya menggunakan processor Core i3 lapis bawah, tetapi Infinix berhasil meracik laptop bagus yang tidak bisa dianggap remeh. RAM 8GB DDR4 dan SSD 256GB PCIe sangat membantu menunjang kinerja InBook X1 – XL11 dengan optimal.

Layar 14 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel-nya memakai panel IPS dengan color gamut 100% sRGB. Pas banget untuk kerjaan grafis. Saya belum menemukan laptop 6 jutaan lainnya yang juga punya layar 100% sRGB. Jadi ini benar-benar barang langka.

Sementara Intel UHD Graphics-nya juga sanggup untuk menjalankan berbagai aplikasi desain grafis dengan cukup lancar. Desain Infinix InBook X1 – XL11 ini juga stylish dengan balutan aluminium di seluruh bagian body-nya. Secara tampilan, hampir tidak bisa dicela. Tampak minimalis dan modern.

Tentu saja Anda bisa langsung mencari InBook X1 ini di marketplace kepercayaan Anda atau juga di toko-toko laptop terdekat di kota Anda. Supaya Anda lebih yakin, silahkan baca review, kelebihan dan kekurangan, paket penjualan dan detail-detail lainnya di www.reviewlaptop-id.com.

5. HP 15s-fq2642TU

Harga HP 15s-fq2642TU

Harga HP 15s-fq2642TU Rp10,359,000

Anda bisa membeli laptop HP 15s-fq2642TU ini di:

Laptop ini menggabungkan kinerja cepat dengan Intel Core i5-1135G7 yang berarti dia membawa Intel Xe Graphics yang sebagai IGP bawaan dengan performa grafis sangat bagus tapi tetap irit daya itu.

RAM terpasangnya 8GB dengan konfigurasi dual-channel sehingga lebih efektif untuk multitasking. SSD PCIe NVME m.2 berkapasitas 512GB yang dibawanya juga menjamin proses buka-tutup aplikasi yang berat sekalipun akan berjalan dengan lancar.

Jika Anda ingin menggunakan HP 15s-fq2642TU ini untuk desain grafis dan juga content creation pada umumnya, maka layar panel IPS berdiagonal 15,6 inci dengan rasio 16:9 Full HD-nya akan Anda sukai. WebCam HD 720p dan dual array digital microphone-nya juga bagus bagi Anda yang masih harus sekolah/ kuliah atau bekerja dari rumah.

Harganya memang sedikit mengkhianati judul artikel ini, karena lebih dari 10 juta. Jika Anda jeli, ada beberapa toko online yang menjualnya dibawah harga SRP. Ini laptop bagus dari sisi price to performance. Kalau memang ada dananya, segera ambil saja.

Author: Dee Tekno

Saya Yudi, mengelola beberapa blog yang banyak mengulas tentang smartphone, laptop, OS, dan tentu saja tips seputar pemanfaatan teknologi untuk kehidupan yang lebih mudah, nyaman, dan produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.